"Masalah Korupsi di Indonesia"

Negara Indonesia adalah negara yang kaya baik itu dari segi sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Kita tahu dari Sabang sampai Merauke, wilayah Indonesia adalah wilayah yang sangat subur, dimana disana banyak terdapat sumber pertanian, perikanan, dan pertambangan. Dan juga, dari segi sumber daya manusia banyak orang Indonesia yang cerdas. Sebagai bukti para juara olimpiade internasional banyak dari Indonesia. Kita tak perlu mengingkari lagi bahwa Indonesia adalah Negara yang sangat kaya.

Tapi, mengapa sampai saat ini Indonesia digolongkan menjadi negara miskin? Mungkin akan banyak jawaban yang terlontar dari mulut kita. Tapi ada salah satu hal yang menyebabkan Indonesia sampai saat ini menjadi negara miskin yaitu masalah korupsi. Kita tahu dari awal pemerintahan dari dulu hingga sekarang banyak para pemimpin negara ini yang tega memakan uang rakyatnya sendiri. Sehingga sampai saat ini, Indonesia merupakan negara terkorup di dunia.

Korupsi sendiri bisa diartikan dari berbagai sudut pandang. Korupsi (bahasa Latin: corruptio dari kata kerja corrumpere = busuk, rusak, menggoyahkan, memutarbalik, menyogok) menurut Transparency International adalah perilaku pejabat publik, baik politikus/politisi maupun pegawai negeri, yang secara tidak wajar dan tidak legal memperkaya diri atau memperkaya mereka yang dekat dengannya, dengan menyalahgunakan kekuasaan publik yang dipercayakan kepada mereka. Sehingga kita bisa menyimpulkan bahwa korupsi merupakan perbuatan yang sangat tercela.

Mungkin sampai saat ini, masih banyak aspek di negara kita yng tersentuh oleh masalah korupsi. Tapi sekarang ini, kita patut bersyukur karena telah ada lembaga independen yang bertugas untuk memberantas masalah korupsi. Lembaga tersebut bernama KPK ( Komisi Pemberantasan Korupsi ). Hingga saat ini, kinerja KPK patut diacungi jempol karena telahm mampu mengungkap beberapa kasus korupsi di Indoneisa ini.

Korupsi juga telah menjadi masalah yang mendunia pada saat ini. Sehingga tak ayal lagi, setiap tanggal 9 Desember diperingati sebagai hari anti korupsi se-dunia. Tapi, dengan peringatan hari itu hendaknya kita jangan hanya terlena dengan ceremonial saja. Kita harus mampu merefleksikan dari peringatan hari Anti Korupsi se-dunia tersebut. Negara Indonesia akan makmur dan sejahtera jiak kita semua siap untuk memberantas korupsi di negeri ini. Mari kita wujudkan negara Indonesia yang bersih dan terbebas dari korupsi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mahasiswa Asal Tasik, Jadi Duta Indonesia ke Amerika

Mahasiswa IDEAL: Disiplin, Solutif, Prestatif, dan Komunikatif