Kajian Biografi M. Natsir


M. Natsir adalah tokoh pergerakan yang sangat berpengaruh dalam dialektika bangsa ini, namun ia tidak banyak diketahui oleh banyak orang. Natsir kecil dilahirkan pada 17 Juli 1908, ia sendiri asli minang, dengan background keluarga pribumi yang lumayan mapan. Keluarganya bekerja di pemerintahan pada masa itu. Namun begitu, walaupun ia berasal dari keluarga yang bekerja di pemerintahan, tidak serta-merta menjadikan dirinya sebagai sosok yang pragmatis. Justru Natsir lebih fundamentalis, dan selalu berpikir jauh tentang banyak hal. Yang unik dari Natsir ini, semenjak kecil ia selalu menanamkan keislamannya secara berani, sehingga ia mendapatkan julukan Young Islamic.

Banyak hal dari sosok Natsir ini yang menginspirasi jutaan mahasiswa terutama di seluruh Indonesia. Dalam pemikirannya, menjadi mahasiswa harus menjadi sosok yang fundamentalis dan proporsional. Malulah mahasiswa jika ia berangkat ke kampus hanya untuk kuliah saja, tanpa pernah memikirkan kapasitas dan jati dirinya sebagai mahasiswa yang menjadi harapan jutaan rakyat Indonesia.

Buku yang pernah ditulis oleh M.Natsir yang cukup terkenal adalah Capita Selecta dimana dalam buku itu, ia mengupas bahwa setiap kita harus menjadi sosok fundamentalis dan radikal. Beberapa hal yang sangat penting untuk kita sebagai mahasiswa antara lain :
1.             Scientific Social à Setiap mahasiswa harus memiliki daya nalar yang kuat terkait bisang keilmuannya, kemudian ia juga sangat responsif dan peka terhadap permasalahan yang ada di masyarakat.
2.             Organisatoris à Disini ita dituntut untuk senantiasa beraksi kapanpun dan dalam kondisi apapun, senantiasa bergerak dan bergerak
3.             Kolaborasi Islamic-Nasionalis à Harus memiliki paradigma Islam dan nasionalisme harus dipadukan untuk mencapai kejayaan bangsa Indonesia.
4.             Membaca dan Menulis à Wahyu yang Allah turunkan pertama adalah tentang perintah membaca, sehingga kita seharusnya banyak-banyak membaca setiap sisi kehidupan ini, dan kemudian jangan lupa untuk menuliskannya karena dengan tulisan maka sejarah takkan pernah terlupakan.
          Itulah beberapa ulasan dari sosok M.Natsir, seorang sosok yang luar biasa namun tak begitu terkenal.   Pesan beliau untuk kita bahwasanya carilah titik temu dalam setiap permasalahan, dan temukan solusinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mahasiswa Asal Tasik, Jadi Duta Indonesia ke Amerika

Mahasiswa IDEAL: Disiplin, Solutif, Prestatif, dan Komunikatif